Huawei Bakal Mendului Samsung Rilis Ponsel Lipat?


Samsung sudah lama dikabarkan bakal merilis ponsel lipat dengan teknologi layar fleksibel. Namun produk misterius itu tak kunjung datang. Pabrik gadget lain pun tidak berdiam diri saja.

Huawei, misalnya, pekan ini dikabarkan berniat menyalip Samsung dan menjadi produsen pertama yang merilis ponsel berteknologi layar lipat ke pasaran dunia.

Menurut informasi yang berembus dari kalangan industri, ponsel lipat Huawei bakal termasuk kategori premium dan memakai panel layar OLED fleksibel bikinan BOE Technology Group, salah satu pemasok komponen dari China.

“Upaya (membuat ponsel lipat) ini sebagian besar dimaksudkan sebagai demonstrasi kemampuan teknologinya, sekaligus menarik perhatian industri dan media,” sebut keterangan seorang sumber dalam di industri teknologi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Nikkei Asian Review, Senin (30/7/2018).

April lalu, Huawei memang diketahui telah mematenkan desain ponsel lipat berbentuk mirip buku. Paten ini sudah diajukan pada 2017.

Soal tanggal rilis, ponsel lipat ala Huawei diprediksi sudah akan mulai dijual pada “awal 2019”. Namun, jumlahnya mungkin tak banyak, hanya di kisaran 20.000 hingga 30.000 unit atau kurang.

Belum diketahui apakah kualitas layar fleksibel buatan BOE Technology sebanding dengan layar serupa dari Samsung. Yang jelas, BOE Technology merupakan salah satu pabrikan panel display TV terbesar di dunia.

Belakangan BOE juga mulai melebarkan sayap ke industri panel layar OLED yang selama ini didominasi Samsung. Kelebihan OLED dibandingkan layar LCD konvensional antara lain terletak pada sifatnya yang bisa dibentuk melengkung, tak harus rata dan kaku.

Soal ponsel lipat dari Samsung, perangkat tersebut kabarnya bakal dirilis pada paruh pertama 2019 untuk menandai ulang tahun ponsel seri Galaxy S dari sang pabrikan. Karena itu namanya disebut-sebut sebagai “Galaxy X”.

Belakangan muncul pula rumor bahwa Galaxy X sebenarnya merupakan ponsel gaming dengan layar selebar 7,3 inci yang bisa ditekuk-tekuk.

0 Response to "Huawei Bakal Mendului Samsung Rilis Ponsel Lipat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel