Google Umumkan Android 9 Pie Go Edition

Pekan ini, Google mengumumkan versi baru dari OS mobile ringan tersebut. Basisnya adalah sistem operasi teranyar Android 9 Pie yang juga baru diperkenalkan beberapa waktu lalu.


“Dengan Android (Go Edition), kami ingin membawa peningkatan Android terbaru ke lebih banyak konsumen ponsel entry level,” tulis Google dalam sebuah posting blog tentang Android 9 Pie Go Edition.

Dibandingkan Android Go sebelumnya yang berbasis OS Android 8.1 Oreo, Android 9 Pie Go Edition diklaim lebih hemat tempat di media penyimpanan perangkat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (16/8/2018), Google menyebutkan bahwa jumlah ruang storage internal yang dibebaskan bisa mencapai kisaran 500 MB.

Peningkatan lainnya termasuk waktu booting lebih cepat, fitur sekuriti verifired boot, serta dashboard untuk memonitor konsumsi data. Perangkat-perangkat pertama dengan OS Android 9 Pie Go Edition dijadwalkan mulai hadir di pasaran menjelang akhir tahun 2018.

Sebelumya, ponsel berbasis OS Android 8.1 Oreo Go Edition mulai bermunculan pada bulan april lalu. Kini, Google menyebutkan sudah ada lebih dari 200 perangkat Android Go yang tersebar di 120 negara.

Ponsel entry level Android Go biasanya dihargai murah meriah di kisaran harga 100 dollar AS atau kurang, seperti Nokia 1 yang belakangan meluncur di Indonesia.

Selain OS, Google juga menyertakan aplikasi-aplikasi pendampaing yang juga ringan dalam hal pemakaian sumberdaya, seperti YouTube Go, Maps Go, dan Gmail Go.

0 Response to "Google Umumkan Android 9 Pie Go Edition"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel