TIPS SUKSES PADA PERSAINGAN FOTOGRAFI


TIPS SUKSES PADA PERSAINGAN FOTOGRAFI



Saat ini perkembangan teknologi, kamera digital dan aksesoris yang berkualitas semakin bagus dan terjangkau, mejadi seorang fotografer pun sekarang sangat diminati oleh banyak kalangan. Mulai dari yang baru terjun didunia fotografi sampai yang telah lama berkecimpung pada fotografi dan baru memulai mengkomersilkan fotografinya,  kebanyakan fotografer semi-pro atau profesional bermunculan bagaikan jamur di musim hujan. Dengan banyaknya fotografer yang tersedia, maka rata-rata harga jasa foto tentunya semakin rendah sesuai dengan hukum ekonomi. Jika dbandingkan dengan beberapa tahun kebelakang saat ini tarif dibidang jasa fotografi bias dibilang sangat menurun. Untuk bisa lepas dari jeratan ini, fotografer pro harus mempunyai strategi dan trik yang bagus untuk memenangkan persaingan di promosi. 

Perencanaan strategi berkaitan dengan rencana jangka panjang, seperti pencitraan/branding, sedangkan taktik berkaitan dengan rencana jangka pendek, seperti promosi, menawarkan foto dengan efek khusus, lokasi atau pakaian yang langka, dan taktik lainnya.

baca juga (tips memilih fotografer

Yang banyak dilupakan oleh fotografer semi-pro atau pro adalah branding, padahal ini paling penting untuk bertahan di jangka panjang. Branding atau pencitraan adalah semua detail dari usaha fotografi Anda. Bagaimana pembawaan diri, packaging, gaya fotografi, keunikan olah digital, pelayanan dan sebagainya. Tujuan branding adalah supaya calon pengantin bisa membedakan antara jasa yang Anda tawarkan dengan saingan yang lain. Dan yang paling penting adalah mengetahui kelebihan jasa fotografi Anda dan bersedia membayar lebih tinggi daripada pesaing.

Karena persaingan yang ketat dengan sebagian besar fotografer yang cenderung mau bekerja dengan honor yang sangat rendah, maka sebaiknya dibuat perencanaan untuk tidak tergantung pada vendor catering/bridal dll. Dengan strategi branding dan taktik yang kuat, usaha jasa fotografi Anda akan lebih berkembang dan mandiri.

persaingan saat ini bisa dikataan semakin bersaing pada harga yang sangat murah. Karena semakin murah jasa foto yang ditawarkan maka akan semakin mudah mendapatkan konsumen. Tanpa melihat kualitas terbaik biasanya konsemen hanya mematok pada harg yang ditawarkan. Mau tak mau sebagai fotografer pro harus lebih kreatif memberikan promosi kepada klien. Misalnya dengan menggunakan gallery foto yang berbeda dengan menggunakan website sebagai wadah promosi agar terlihat simple dan elegan.
Kesimpulan:
  • Jangan bergantung kepada vendor catering/bridal saja, cobalah lebih mandiri dengan berupaya mencari klien baru sendiri.
  • Harus selalu berupaya meningkatkan kualitas dan lebih kreatif untuk mengembangkan kualitas foto, baik dari segi teknis maupun artistik dari waktu ke waktu.
  • Tingkatkan upaya networking, marketing khususnya promosi dan branding, dan gunakan berbagai kanal seperti pertemanan, saudara, dan media (baik cetak maupun internet).
Bukan hal yang gampang untuk membalikkan honor yang kecil menjadi besar dalam sekejab. Dibutuhkan perencanaan yang matang, peningkatan kualitas yang terus menerus dan yang sering dilupakan yaitu dibutuhkan waktu.
Semoga sukses!


0 Response to "TIPS SUKSES PADA PERSAINGAN FOTOGRAFI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel