Tips Bagi Fotografer Saat Menentukan Harga Foto Kepada Calon Klien


Mencari penghasilan dari dunia fotografi merupakan sebuah penghasilan tambahan yang saat ini banyak dilakukan oleh para fotografer professional dari berbagai kalangan, misalnya seorang jurnalis media cetak, jurnalis stasuin TV dan masih banyak lagi para wartawan dari berbagai media. Banyak fotografer profersional yang mengeksplorasi keahliannya di dunia fotografi untuk menghasilkan pendapatan tambahan juga merupakan sebuah tindakan cerdas yang bukan hanya untuk mencari penghasilan semata, tapi juga dengan cara tersebut maka para professional dapat menambah relasi serta pengalaman yang semakin bertambah.


 
Di era digital fotografi yang sangat maju dan berkembang seperti sekarang ini, banyak sekali fotografer-fotografer dari berbagai jenis dan berbagai tariff. Tak salah rasanya yang menjadi pembeda antara fotografer professional dan amatir adalah harga atau tarif.

Bukan tarif saja biasanya yang menjadi pembeda antara fotografer professional dan amatir, perbedaan biasanya juga terletak pada kualitas foto yang dihasilkan. Dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki oleh para fotografer professional seperti seorang jurnalis atau fotografer dari sebuah media ternama. Maka jelas mereka memiliki pengalaman yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan para fotografer amatir.

Nah setelah membaca sedikit penjelasan diatas mungkin ada merasa berada diposisi mana? Apaah anda seorang fotografer professional bertarif tinggi atau anda seorang fotografer amatir yang bertarif biasa saja???
Menentkan tarif jasa fotografi saat ini menjadi hal utama bagi para fotografer untuk mencari dan mendapatkan klien. Untuk mendapatkaan klien atau para konsumen dari jasa fotografi biasanya para fotografer memiliki tarif tersendiri dalam berbagai paket. Mulai dari paket yang biasa saja sampai kepada paket yang banyak memberikan penawaran yang sangat spesial

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara anda agar dapat mentukan tarif yang proposional untuk para klien anda sebelum anda memberikan penawaran. Berikut cara menentukan harga foto kepada calon klien.

 

Mencari informasi profil klien

Sebelum anda membuat janji untuk bertemu dengan calon klien guna membahas tarif jasa fotografi anda sekaligus memperlihatkan portofolio yang telah anda susun dengan rapi dengan berbagai paket dan tariff, sebaiknya anda mengetahui profil dari seorang klien tersebut. Trik ini dinilai sangat berguna dan telah banyak dipakai dari berbagai fotografer agar si fotografer tau sejauh mana tingkatan finansial atau keuangan calon klien dalam melihat penawaran yang kita sajikan.

 

Memiliki Beberapa Portofolio Fotografi

Setelah anda mengetahui profil dari calon klien, maka langkah selanjutnya adalah memperlihatkan portofolio yang anda miliki. Karena anda telah mengetahui profil dan tingkatan finansial dari calon klien, disini anda dapat menentukan portofolio mana yang dapat anda gunakan. 

Untuk calon klien dengan tingkatan finansial yang baik, sebaiknya anda memperlihatkan paket atau penawaran hara yang cukup besar, disinilah anda dapat memperlihatkan jika anda benar-benar seorang fotografer berkelas dengan tarif serta paket yang tidak kalah dengan fotografer professional lainnya. Jika anda ingin menggunakan cara seperti ini disarankan anda memang seorang fotografer professional yang memang telah banyak berbengalaman serta memiliki portofolio yang berkualitas. Portofolio atau koleksi foto dan tariff anda harus benar-benar layak untuk memiliki tarif tinggi dan profesional.

Untuk calon klien dengan tingkatan finansial yang biasa saja, sebaiknya anda tidak memberikan paket atau penawaran harga yang tinggi, klien seperti ini biasanya lebih mengutamakan harga dan tarif dari paket yang anda miliki. Berusahalah membuat klien seperti ini nyaman dengan memberikan berbagai macam paket promo serta potongan-potongan harga yang anda miliki. Sehingga anda akan menemukan jalan tengah berapa ia akan membayar anda. Trik seperti ini biasanya dilakukan agar si calon klien tidak mengikat kontrak kerjasama atau membatalkan rencana memakai jasa fotografi anda.

 

Memiliki gaya bahasa yang baik atau komunikatif

Sama halnya dengan seorang marketing dari berbagai produk, seorang fotografer harus komunikatif atau pandai berkomunikasi kepada calon klien. Dengan anda komunikatif maka calon klien akan merasa nyaman. Dengan demikian maka anda akan leluasa memproposikan jasa fotografi anda kepada calon klien.

Cara ini juga termasuk hal terpenting pada saat anda mempresentasikan portofolio serta tarif yang anda miliki kepada calon klien. Seorang fotografer yang ramah, sopan santun biasanya akan cepat akrab kepada calon klien sehingga rasa nyaman akan  membuat suasana presentasi menjadi lebih baik.

Nah itulah tadi beberapa cara bagi anda yang membutuhkan informasi bagaimana cara anda menentukkan tarif untuk jasa fotografi yang anda miliki.

Untuk dapat terus bertahan di persaingan fotografi saat ini anda tidak hanya dituntut untuk kreatif dalam hasil karya foto tapi juga berpikiran kreatif dalam mempromosikan tarif anda kepada calon klien.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda seorang fotografer, anda dapat berkomentar tentang konten ini pada space komentar dibawah. Komentar dan masukan anda akan sangat bermanfaat untuk website ini kedepannya.. terimakasih.



2 Responses to "Tips Bagi Fotografer Saat Menentukan Harga Foto Kepada Calon Klien"

  1. Waa bgus bnget tip ny dan bermanfaat bnget trmksih ya udah buat kan tips ni

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel