Apa Itu Fotografi Jurnalistik ???

Meenurut wikipedia Fotografi jurnalistik adalah "sebuah bentuk dari jurnalisme (mengumpulkan, menyunting, dan memperlihatkan bahan berita untuk publikasi atau penyiaran) yang menggunakan gambar-gambar dalam rangka mengabarkan sebuah berita. Foto jurnalistik sekarang sering hanya merujuk gambar-gambar diam, meskipun dalam beberapa kasus istilah tersebut juga merujuk kepada video yang digunakan dalam jurnalisme penyiaran. Foto jurnalistik berbeda dengan cabang-cabang terdekat lainnya dari fotografi (contohnya, fotografi dokumenter, fotografi jalanan atau fotografi selebriti)"



Fotografi jurnalistik saat ini tak hanya digemari bagi para kaum jurnalis atau wartawan media, tapi juga banyak digemari oleh semua kalangan, karena fotografi jurnalistik lebih memiliki nilai seni yang tinggi. Tak hanya menggunakan foto atau keterangan gambar saja, tapi fotografi jenis ini juga lebih menjelaskan tentang suatu aktifitas atau keadaan disekitar foto. Jadi para fotografer takhanya dapat mengembangkan kemampuannya dalam melakukan foto tapi juga mampu memberikan informasi yang menarik.

Fotografi jurnalistik juga dapat menambah wawasan baru para pencinta fotografi, dengan banyaknya mengunjungi tempat baru serta berbagi informasi kepada masyarakat sekitar maka sang fotografer akan merasakan sensasi baru di seni fotografi jurnalistik. Tak hanya dapat meningkatkan kemampuan fotografinya saja, disini juga para fotografer dapat melihat sejauhmana ia dapat mencari informasi terkait  dengan lingkungan sekitar.

Foto jurnalistik biasa dibagi tiga yaitu  foto berita spot (spot news), foto berita umum (general news) dan foto esei. Foto spot biasa foto berita yang dibuat tidak terduga seperti kejadian bencana alam, penembakan kepala negara, terorisme dan berita berita lain yang akan membuat foto ini dipasang di halaman muka surat kabar.  Foto bertia umum merupakan foto berita yang merekam kejadian yang sudah bisa dipresiksi seperti pelantinkan presiden, upacara bendera kemerdekaan RI, pembukaan sidang MPR dan berita-berita lain yang terjadual dan dianggap punya nilai berita.   Sedangkan yang terakhir adalah foto esei yaitu foto yang dibuat berupa rangkaian kejadian yang menceritakan suatu peristiwa.  Ada pendapat bawah foto esei bukan monopoli para jurnalitik, foto ulang tahun, foto perkawinan, foto sunatan termasuk dokumentasi foto esei tetapi tidak mempunyai nilai jual pada surat kabar atau media




Saat seseorang mencoba mempelajari foto jurnalistik, ia harus memulanyai dengan mengerti cara pembuatan caption atau keterangan foto tunggal. Pembuatan foto esai bahkan sangat tergantung pada kemampuan seseorang dalam membuat foto tunggal yang “bercerita”.
Pada semua kategori foto jurnalistik, panduan gambar dan teks mutlak diperlukan, yakni kombinasi gambar dan tulisan seperti paragraf utama dalam sebuah cerita.
Gambar dan teks tersebut punya bobot yang sama penting, karena harus dapat menarik dan “menangkap” perhatian pembaca, serta memperkuat irama cerita.


Kriteria Foto Jurnalistik

Menurut Frank P. Hoy, sebuah foto jurnalistik harus memiliki tiga kriteria dibawah ini untuk dapat dinilai sebagai foto jurnalistik yang baik. Kriteria tersebut adalah:

  • Kesegeraan: pembaca dapat segera mengerti pesan yang disampaikan, ketika melihat sebuah foto jurnalistik.

  • Memancing emosi: foto jurnalistik harus mampu mengungkap ide dan emosi pembacanya. Sehingga seringkali ditemukan perbedaan persepsi yang unik dari orang-orang yang melihat foto tersebut.

  • Menyajikan sudut pandang: sebuah foto jurnalistik tunggal, akan menyajikan peristiwa hanya dari sebuah sudut pandang. Fakta yang diperlihatkan hanya dari satu sisi peristiwa.

Dengan kata lain bias juga disimpulkan bahwa Fotografi jurnalistik merupakan proses pengambilan foto yang bertujuan untuk pemberitaan suatu peristiwa. Ada beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh sebuah foto jurnalistik agar dapat dinilai sebagai foto jurnalistik yang baik.
Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan seputar fotografi silakan berkomentar di kolom komentar. Sesungguhnya semakin banyak berbagi dan bertukar informasi maka akan menambah pengetahuan kita untuk lebih berpegetahuan lagi.. salam seputar pintar…


0 Response to "Apa Itu Fotografi Jurnalistik ???"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel