4 cara fotografer landscape memotret diatas digunung


Memiliki hobi dibidang landscape fotografi merupakan salahsatu hobi yang sangat menyenangkan selain dapat mengabadikan berbagai foto menarik di berbagai tempat anda juga dapat menikmati alam sekitar, itu yang menjadi alasan tersendiri kenapa saat ini para fotografi landscape menjadi salasatu hobi yang sedang digemari dikalangan pencinta fotografi ataupun para fotografer professional.


Salah satu objek landscape yang menawan adalah foto keindahan pegunungan, sebagian besar fotografer memotret pegunungan di tempat yang sudah umum. Misalnya seperti di Penanjakan di Gunung Bromo, yang memotret Gunung Bromo tidak bersusah payah lagi karena naik jeep, menggunakan metode seperti ini nampaknya sudah menjadi hal biasa dan rasanya kurang menarik lagi. Kenapa? Karena pada dasarnya menemukan tempat atau memotret tempat baru yang belum banyak ditemukan yang dapat dikunjungi banyak orang merupakan tujuan dari fotografi landcape itu sendiri. Dengan demikian rasa puas akan hasil karya foto yang baru dan tidak mainstream menjadi kenikmatan tersendiri bagi kebanyakan fotografer landscape saat ini.

banyak sekali lokasi memotret pegunungan yang eksotis, kalau kita memotret saat melakukan pendakian. Memotret di gunung memiliki tantangan tersendiri dibandingkan memotret di tempat-tempat lain, seperti pantai yang tidak perlu lagi usaha trekking dan naik ke puncak gunung dengan tenaga dan waktu yang cukup lama untuk sampai kepuncak atau kawah gunung.

Sebagian besar para fotografer landscape  biasanya mempunyai tujuan utama untuk menikmati keindahan alam selama pendakian, berharap bisa mencapai puncak gunung tersebut dan yang terpenting adalah, menyelesaikan pendakian tersebut dengan aman dan selamat saat mendaki maupun saat melakukan sesi foto. Butuh perhatian khusus agar sesi foto kamu berjalan dengan nyaman, tetapi tetap memperhatikan keselamatan. 

Agar proses  pendakian dan sesi foto anda dapat berjalan dengan aman dan lancar,  Berikut ini 4 cara fotografer landscape memotret diatas digunung.


Periksa Kondisi Fisik

Seperti yang telah diketahui banyak orang, gunung memiliki ketinggian yang sangat besar, akan sangat beresiko jika anda mengabaikan kondisi fisik anda, seperti apa daya tahan tubuh anda saat dalam proses  pendakian nanti. Mengecek kondisi fisik terlebih dahulu merupakan hal terpenting bagi para fotografer landscape sebelum melakukan pendakian. Dengan kondisi fisik yang prima pula maka proses pendakian akan berjalan dengan baik kaerena anda akan dihadapi dengan berbagai cuaca seperti panas matahari, bahkan dingin yang begitu mengigilnya ketika berada dipuncak gunung. Bias dibayangkan apa yang akan terjadi jika anda mendaki dengan kondisi fisik yang tidak begitu baik.

 

Periksalah Kondisi Kamera

Salain memperhatikan kondisi tubuh, memperhatikan kondisi kamera juga sesuatu yang harus dilakukan sebelum memulai pendakian. Pengecekan bias dilakukan dengan memeriksa keadaan kamera, serta perlengkapan fotografi apasaja yang akan di perlukan saat anda melakukan sesi foto diatas gunung. Karena mendaki gunung membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama, bias dibayangkan saat anda telah mencapai puncak terjadi masalah pada kamera anda, atau ada beberapa perlengkapan yang anda lupakan untuk dibawa sebelum dan saat anda melakukan pendakian.

Bawalah Perlengkapan Fotografi Seperlunya

Melakukan sesi foto diatas gunung sangatlah berbeda dengan melakukan sesi foto di tempat atau lokasi lain. Perlengkapan fotografi yang anda bawa tidak disarankan terlalu banyak dan lengkap, gunakanlah perlengkapan fotografi sesimple mungkin, jadi bawalah peralatan fotografi yang anda rasa paling mungkin akan anda gunakan pada saat melakukan sesi foto. Mengapa?? Karena dengan anda membawa beberapa perlengkapan fotografi saja maka akan meringankan beban yang berada dalam tas kerir anda. Perlengkapan yang dibawa tentunya bukan hanya untuk sesi foto saja tentunya juga aka nada perlengkapan lainnya yang menumpuk didalam tas anda, misalnya logistic, obat, obatan, tenda dan lain-lainnya. Tak mungkin rasanya jika anda membawa banyak lensa serta perlengkapan yang biasanya adanda bawa pada saat sesi foto di lokasi yang berbeda.

 

Keselamatan Adalah Yang Paling Utama

Sebagai seorang fotografer landscape, selain memperhatikan kualitas foto menjaga keselamatan adalah yang terpenting saat anda melakukan sesi foto beberapa dilokasi berbahaya karena mengutamakan keselamatan adalah segalanya. Bawalah foto terbaik saat anda pulang dan jangan lupa bawa juga kondisi tubuh yang baik saat anda pulang.
Salam fotografi…

0 Response to "4 cara fotografer landscape memotret diatas digunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel